a. Diberdayakan oleh Blogger.

Follow

RSS

Menuntut Ilmu itu suatu KEWAJIBAN

assalamualaikum
akhwat dan ikhwan apakah kalian sudah menjalankan kewajiban kalian sebagai seseorang muslim ? dan apakah kewajiban seorang muslim itu hanya solat , puasa ramadhan dan zakat? ketiga poin itu hanya sebagian kecil kewajiban seorang muslim yang kalian ketahui . MENUNTUT ILMU itu termasuk bagian dari kewajiban seseorang muslim . ada hadist mengatakan :

“Barangsiapa melalui suatu jalan untuk mencari suatu pengetahuan (agama), Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR.Bukhari)

apakah seorang muslim wajib menuntut ilmu ? jawabannya "SANGAT WAJIB" allah SWT pun  menyuruh seseorang muslim untuk menuntut ilmu dari ia lahir sampai ia meninggal dan allah SWT pun menyuruh untuk seseorang muslim untuk menuntut ilmu sejauh mungkin dan boleh ke negara apapun . tetapi allah SWT melarang kita untuk membanggakan ilmu yang kita dapatkan terhadap kalangan bodoh dan jangan menuntut ilmu untuk menarik perhatian seseorang kepadamu . seperti hadist berikut ini :

"Janganlah kalian menuntut ilmu untuk membanggakannya terhadap para ulama dan untuk diperdebatkan di kalangan orang-orang bodoh dan buruk perangainya. Jangan pula menuntut ilmu untuk penampilan dalam majelis (pertemuan atau rapat) dan untuk menarik perhatian orang-orang kepadamu. Barangsiapa seperti itu maka baginya neraka … neraka." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

apakah kita sudah menjadikan ilmu kita sesuatu yang bermanfaat ? 
terkadang manusia tidak menjadikan kelebihan ilmunya untuk sesuatu yang bermanfaat . banyak manusia jaman sekarang menjadikan ilmunya untuk sesuatu yang merugikan orang lain . 
contohnya : orang penting dalam negara menjadikan ilmunya untuk mengkorupsikan uang rakyat demi kepuasan dirinya . naudzhubillah jika kita menjadi seseorang yang seperti itu allah sangat tidak mengampuni perbuatan seperti itu dan akan dibalas oleh allah SWT yaitu neraka yang pedih dan siksa yang pedih pada hari kiamat .
pernyataan allah SWT ini tertulis didalam hadist berikut :

"Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat." (HR. Al-Baihaqi)


ayoo akhwat dan ikhwan jadikan ilmu yang kita dapat berguna dan bermanfaat untuk orang lain dan jadikan ilmu kita sebagai penolong kita didunia . tuntut lah ilmu setinggi tingginya selama orang tua kita masih bisa membiayakan kita . jadikan orang tua kita bangga dengan hasil ilmu yang kita raih dan prestasi yang kita dapatkan :D

wassalamualaikum...


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar